CEGAH PENYEBARAN DAN ATASI PANDEMI COVID-19 DENGAN PENGUJIAN SWAB PCR MANDIRI DI RUMAH SAKIT PREMIER JATINEGARA


CEGAH PENYEBARAN DAN ATASI PANDEMI COVID-19 DENGAN PENGUJIAN SWAB PCR MANDIRI DI RUMAH SAKIT PREMIER JATINEGARA


Rumah Sakit Premier Jatinegara turut berperan serta dalam mengatasi dan mencegah penyebaran virus covid 19 secara aktif dengan membuka layanan SWAB PCR mandiri. Sejak merebaknya pandemik  Covid 19 masyarakat Indonesia banyak yang merasa panik dan khawatir.

Terlebih semakin hari jumlah pasien positif covid 19 semakin bertambah.  Beberapa orang yang memiliki gejala seringkali bingung dan tidak paham dalam mengambil langkah mengatasinya, karena belum bisa memastikan apakah benar positif atau tidak.


Apakah Virus Covid-19 itu?

Menurut WHO (World Health Organization) Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

Sedangkan Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

Gejala Penderita Covid-19

Beberapa gejala yang umum terjadi pada pasien positif covid-19:

1.    Gejala ringan
Penderita akan mengalami gejala seperti penyakit influenza pada umumnya demam, batuk kering, sakit tenggorokan dan kesulitan bernapas. Lainnya mengalami diare atau infeksi saluran napas atas (ISPA)

2.    Gejala yang mengarah pada pneumonia yaitu infeksi pada sistem pernapasan bawah.

3.    Gejala terberat adanya perkembangan cepat ke sindrom gangguan pernapasan akut (acute respiratory distress syndrome atau ARDS).

PENCEGAHAN

Rumah Sakit Premier Jatinegara selalu berupaya memberikan edukasi mengenai pemutusan rantai penyebaran virus covid-19 dengan menyediakan berbagai sarana kebersihan seperti hand sanitizer serta tempat mencuci tangan, memberikan pengertian penggunaan masker, penerapan jaga jarak, pengenaan APD bagi tenaga kesehatan serta berbagai prosedur lainnya sesuai anjuran WHO dan pemerintah.

Selain itu untuk mengurangi rasa khawatir masyarakat tentang kondisi dirinya maka Rumah Sakit Premier Jatinegara pun kini telah memiliki fasilitas uji covid dengan metode SWAB PCR. Salah satu metode terbaik dengan hasil valid yang dapat diandalkan.

Pentingnya Pengujian Covid-19

Kekhawatiran kita adalah jika ada anggota keluarga yang memang pernah kontak dengan pasien postof covid-19 meski tanpa gejala atau rentan terhadap virus covid-19, baik karena memiliki keadaan medis yang berlangsung saat ini serta lansia atau orang tua. Jika kita sejak awal bisa mengetahui kondisi secara pasti tentu penanganan akan lebih cepat dan tepat dan dapat melakukan tindakan pencegahan penyebarannya serta harapan sembuh yang lebih besar.

Pengujian terhadap khalayak dapat membantu upaya layanan kesehatan baik dalam perencanaan maupun persiapan alat dan prasarana seperti unit perawatan intensif. Hasil pengujian selalu dilaporkan langsung kepada kementrian kesehatan sehingga dapat terpantau jumlah serta penyebarannya. Hal ini berguna sebagai informasi dalam pengambilan kebijakan terakait pencegahan serta pemutusan rantai penyebaran virus covid-19.

Beberapa Cara Pengujian


Rapid Test atau tes antibody dilakukan dengan cara mengambil sampel darah. Alat uji rapid test ini mengenali antibodi para pasien yang mengalami sakit parah akibat vrus corona, tapi tidak mampu mendeteksi kasus dengan gejala ringan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, menyebut lebih dari 500 ribu unit alat rapid test telah didistribusikan. Dia mengakui rapid test ini tidak semuanya efektif.

Alat tes ini terbukti tidak dapat diandalkan. Setelah dua kali tes dan mendapat hasil negatif bukan berarti benar-benar negatif. Karena saat dites dengan metode Swab PCR ternyata bisa mendapatkan hasil positif.

Tes diagnostik dengan sampel atau swab yang kemudian dianalisa di  laboratorium menggunakan  Polymerase Chain Reaction (PCR) sangat terpercaya dan dapat diandalkan.

Sampel virus diambil di area belakang tenggorokan dalam jumlah yang memadai lalu dilakukan uji laboratorium. 

Test Swab PCR Covid-19 di RS. Premier Jatinegara


Tes Swab PCR selama ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit rujukan covid-19 saja, Itu pun harus melalui berbagai macam prosedur. Namun kini RS. Premier Jatinegara telah menyediakan fasilitas tes swab PCR mandiri. Artinya siapapun bisa melakukan pengujian tersebut secara mandiri.

  1. Pengujian dilakukan secara drive thru, untuk melakukan tes ini tidak perlu repot-repot turun dari mobil karena sampel dapat diambil langsung dengan cepat meski pasien tetap duduk di dalam mobil.
  2. Informasi dan pendaftaran dapat dilakukan melalui fasilitas whats app pada nomor yang tersedia.
  3. Hasil tes swab PCR covid-19 akan dikirim melalui email pasien.
  4. Bonus free consultation voucher untuk konsultasi gratis ke dokter  secara online atau boleh juga datang langsung ke dokter konsultasi tentang keluhan apa aja. Konsultasi dapat dilakukan untuk berbagai jenis keluhan tidak hanya terkait covid-19 saja.

Kondisi pandemi saat ini memang harus disikapi dengan bijaksana. Kita tidak boleh panik, jika merasakan gelaja yang menyerupai covid-19 segera lakukan tindakan pengujian untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Salah satu caranya dengan melakukan tes swab PCR di RS. Premier Jatinegar, kemudian bisa dilambil tindakan selanjutnya baik itu isolasi mandiri maupun melakukan perawatan jika memang diperlukan.

Lakukan langkah-langkah pencegahan sesuai anjuran pemerintah. Jaga jarak serta lengkapi asupan tubuh dengan makanan bergizi, olah raga dan istirahat cukup.  Jaga kesehatan fisik dan mental. Bersama-sama kita putus rantai penyebaran virusnya sehingga pandemi ini dapat segera berakhir dan kita dapat beraktivitas seperti sedia kala lagi.

Salam

Eka Murti

Artikel Terkait