Merencanakan Keuangan Sejak Dini Tenang di Hari Tua

Merencanakan Keuangan Sejak Dini Tenang di Hari Tua

 
pic from pixabay


Kehidupan terus berjalan. Usia terus bertambah. Seiring bertambahnya usia seseorang maka akan mengalami perubahan kondisi fisik. Tentu saja semua orang berharap selalu sehat sampai tua. Namun tak dapat dipungkiri gaya hidup dan pola pikir akan mempengaruhi kesehatan di masa tua. Permasalahan yang timbul terkait kondisi fisik bisa menimbulkan efek pada segi kehidupan lainnya. Terutama kondisi keuangan. Penyakit yang mungkin muncul bisa bervariasi baik degeneratif maupun penyakit yang timbul karena faktor tertentu.

Penyakit seperti diabetes bisa berdampak meluas sebagai penyebab penyakit lainnya seperti  jantung maupun ginjal. Sementara penyakit yang timbul karena sebab tertentu seperti kanker bisa menyerang siapapun di usia berapapun.

Jika di masa pensiun seharusnya kita menikmati hidup dengan tenang tapi justru dipersulit oleh penyakit yang membutuhkan biaya besar maka semua segi kehidupan kita akan terpengaruh. Jika tak ada dana cukup yang telah dipersiapkan untuk keadaan ini, maka kesulitan ekonomilah yang akan kita hadapi.

Masalah Keuangan di Hari Tua

Tua, sakit dan bermasalah dengan keuangan bukan angan-angan siapapun. Namun hal itu bukan berarti mustahil menimpa kita.  Salah satu solusinya adalah mempersiapkan hari tua kita sejak dini. Melakukan persiapan sejak dini memudahkan kita dalam mengatur rencana keuangan. Beban biaya tidak perlu ditanggung secara sekaligus saat sakit di hari tua.

Jika kita melihat kehidupan orang-orang di sekitar kita yang mengalami persoalan dengan kondisi keuangan di masa pensiunnya seringkali membuat kita berpikir pasti ada yang salah dengan pengelolaan keuangannya di masa muda. Muncul berbagai analisa di pikiran kita tentang sebab musabab kesulitan ekonomi orang tersebut. 

Apapapun itu bisa saja terjadi, seperti tetangga saya yang menggunakan uang pensiunnya untuk berbinis. Nyatanya memulai sebuah usaha di usia tua membutuhkan kerja keras yang lebih besar. Pola pikir sebagai karyawan berpuluh-puluh tahun menerima gaji rutin setiap bulan tak bisa begitu saja diganti dengan pola pikir seorang wirausaha yang harus memikirkan semua urusan dari awal hingga akhir, sejak produksi hingga penjualan, masalah karyawan, utang-piutang usaha dan lain sebagainya.  Maka bisa saja usaha yang dicita-citakan sebagai bekal hari tua justru ambruk dan mengganggu kondisi keuangan karena buruknya perencanaan.

Oleh sebab itu kita membutuhkan cadangan sumber keuangan lain. Seperti seorang penerjun yang memiliki dua parasut, jika yang satu tak mengembang masih ada harapan untuk selamat. Terkadang kita bingung dan tidak paham bagimana merencanakan keungan untuk masa pensiun ini. Pilih saja produk keuangan yang sesuai dengan rencana dan kebutuhan kita.

Solusi Financial Biaya Kesehatan di Masa Tua

Merencanakan keuangan masa depan harus sudah dimulai sejak sekarang, karena akan sangat terlambat jika melakukannya disaat sudah pensiun. Masa pensiun artinya kondisi keuangan tak lagi seperti saat-saat masih produktif bekerja. Oleh karena itu kira harus mulai melakukan perencanaan sendiri untuk masa pensiun nanti. Salah satu cara yang bisa ambil adalah mempunyai Asuransi Retirement Life Plan yang memiliki manfaat Uang Pertanggungan bagi Tertanggung dan keluarga sesuai keinginan. 

Sequis merupakan produk yang bisa kita pilih untuk merencanakan keuangan hari tua.

Keunggulan Sequis Asuransi Retirement Life Plan:

  1.  Uang Pertanggungan (UP) akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal dunia sebelum usia pensiun atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)
  2. Death Terminal Bonus* akan dibayarkan sampai dengan 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan Tahun Polis pada saat kejadian meninggal dunia)
  3. Manfaat pensiun 100% dari UP akan dibayarkan apabila Tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun Polis (berdasarkan plan yang diambil)
  4. Manfaat Jatuh Tempo akan dibayarkan yaitu 100% dari UP apabila Tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah Maturity Terminal Bonus** hingga 100% dari UP
  5. Dapat dikombinasikan dengan asuransi tambahan (Rider):Accident Rider Short, Accident Rider Long, Accident Death & Disablement Rider, Accident Death & Disablement Long, Level Term Rider, Dread Disease Rider Short, Dread Disease Rider Long, Sequis Q Health Platinum Rider, Payor Benefit Rider, Family Benefit Rider, Spouse Benefit Rider, Waiver Premium Disability, Waiver Premium Disability Dread Disease.
  6. Memiliki fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah, yaitu:

  • Nilai Tunai
  • Pinjaman Polis Otomatis
  • Polis Bebas Premi, Uang Pertanggungan Berkurang
  • Perpanjangan Masa Pertanggungan Asuransi
  • Masa Mempelajari Polis
  • Masa Keleluasaan
  • Pemulihan Polis
  • Pinjaman Polis
  • Perubahan Uang Pertanggungan
  • Perubahan Metode Pembayaran Premi

Aapapun program yang kita pilih kita harus mengetahui manfaat dan syarat serta ketentuannya, sehingga kita dapat menikmati manfaat yang maksimal dari produk yang kita pilih. Merencanakan keuangan masa pensiun bersama Sequis bisa dimulai sejak usia 0-60 tahun dan dengan nilai premis serta uang pertanggungan yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Menua dengan sehat, bahagia dan hidup berkualitas bukan sekadar impian tapi bisa direncanakan sejak sekarang.

Salam

Eka Murti





Artikel Terkait