INOVASI KONSTRUKSI RUMAH MODERN YANG KUAT DAN TAHAN GEMPA DARI DOMUS


INOVASI KONSTRUKSI RUMAH MODERN YANG KUAT DAN TAHAN GEMPA DARI DOMUS

Domus (Tata Logam Lestari)


Rumah merupakan kebutuhan bagi setiap insan manusia sebagai tempat perlindungan. Namun ada kalanya justru tempat berlindung itu tidak cukup melindungi dan justru bisa berdampak buruk bagi penghuninya. Seperti saat terjadi gempa, bangunan beton akan patah dan bisa mengakibatkan penghuni tertimpa dinding yang roboh. Hal ini akan berbeda dengan konstruksi menggunakan baja ringan yang tahan gempa. Guncangan tidak menyebabkan konstruksi menjadi hancur karena sangat flesibel. Meski kerusakan tetap terjadi pada dinding namun masih relatif aman bagi penghuninya.

Baja Ringan Inovasi Konstruksi Modern

Teknologi Damus pada event Konstruksi Indonesia

Stand Domus dapa event Konstruksi Indonesia

Jika dahulu baja ringan hanya menjadi kerangka atap pengganti kayu maka sekarang 80% konstruksi bangunan telah dapat digantikan oleh baja ringan yang lebih kuat, tahan lama dan tahan gempa. Domus menggunakan kolom praktis baja ringan produksi PT. Tata Logam Lestari yang telah teruji kualitasnya.

Dengan menggunakan kerangka kontruksi baja ringan pembangunan rumah hanya membutuhkan waktu 5 hari saja. Hal ini dimungkinkan karena kolom praktis telah disesuaikan dengan bata ringan atau bata hebel berukuran 7 dan 10 cm. sehingga memudahkan bagi siapa pun untuk menggunakannya. Domus sendiri merupakan produk rumah knock down yang dapat dibangun di mana pun tanpa persayaratan khusus. Selama tanahnya datar atau sudah diratakan sehingga bisa menjadi fondasi yang kokoh dan stabil bagi bangunan.
Domus dapat dibangun oleh siapapun karena semua produknya disertai oleh petunjuk penggunaan yang jelas dan terperinci. Namun jika membutuhkan PT. Tata Logam Lestari menyediakan jasa pemasangan dengan para tukang tenaga terampil yang telah tersertifikasi. Dengan produk dan jasa yang berkualitas tinggi akan menciptakan hasil yang akan memuaskan pembeli.

Add captioStephanus Koeswandi, CEO Tata Logam Lestari

Bapak Stephanus Koeswandi, CEO Tata Logam Lestari menjelaskan secara terperinci setiap produk dari hulu ke hilir yang dijaga kualitasnya. Standar kualitas ini juga diharapkan diterapkan secara konsisten bagi seluruh industri baja ringan melalui SNI yang diatur secara ketat oleh regulator. Dengan demikian tidak ada lagi produk dengan kualitas rendah yang beredar di pasaran yang dapat membahayakan penggunanya dan menjaga nama baik industri baja ringan yang saat ini tengah naik daun sebagai pengganti kayu.

Usia kerangka baja ringan sendiri adalah mengikuti usia bangunan. Artinya selama bangunan masih berdiri tegak maka kualitas baja ringan itu pun masih terus terjaga. Konstruksi baja ringan adalah inovasi rumah masa depan yang kuat dan tahan gempa. Dengan flesibiltas tinggi rumah ini tidak mudah hancur oleh gempa. Menurut data selama kurun waktu sejak Januari hingga Oktober 2019 hampir selutuh wilayah Indonesia rawan gempa. Hanya pulau Kalimantan dan Sumatra bagian Timur yang jarang terjadi gempa. Rumah tahan gempa saat ini menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat.

Adapun kondisi negara tropis yang hangat dan lembab membuat rayap berkembang biak dengan mudah, menggunakan kayu tak lagi popular. Selain harganya mahal untuk kayu yang bagus ketahanan terhadap rayap membuat umur kayu menjadi lebih pendek dibanding baja ringan. Inovasi konstruksi baja ringan membuat rumah modern di masa depan menjadi lebih aman dan kuat secara konstruksi.

Membangun dengan Cepat dan Kuat

Membangun dengan cepat dan kuat adalah tag line dari Domus dan terbukti telah berhasil selama ini. Di Palu dan Lombok Domus membangun rumah bagi korban gempa. Rumah permanen yang dibangun dengan cepat karena kebutuhan yang menuntut namun kualitasnya juga bagus. Bukan hanya rumah asal jadi demi mengeja kecepatan. Konstruksi baja ringan kekuatannya dapat dipertanggung jawabkan. Sehingga Domus menjadi pilihan terbaik dalam membangun rumah skala besar tersebut.

Selain Domus untuk perumahan ada juga BKC Bangunan Kuat Cepat yang diperuntukkan bagi bangunan besar seperti gudang, hangar dan gedung-gedung besar lainnya. Kerangka baja yang kuat dapat digunakan untuk berbagain jenis bangunan baik satu lantai maupun  bertingkat. Untuk itu PT. Tata Logam Lestari menyatakan sipa turut serta dalam membangun ibu kota baru Republik Indonesia. Menggunakan teknologi konstruksi terkini, ramah lingkungan karena tidak menggunakan kayu yang nota bene merusak lingkungan serta memiliki kelebihan dalam hal tahan gempa dan juga kuat.

Rumah yang kuat, aman dan nyaman ditinggali adalah impian setiap orang. Domus membantu mewujudkan mimpi tersebut dengan produk yang menggunakan baja ringan sebagai konstruksi bangunan. Efisiensi waktu pembangunan pada akhirnya juga berujung pada efisiensi biaya yang dikeluarkan. Tentu saja akan menjadi pilihan bagi pembangunan rumah modern.

Salam

Eka Murti



Artikel Terkait