Menata Rumah Tempat Hati Merasa Nyaman


Menata Rumah Tempat Hati Merasa Nyaman



Indonesia Property Expo (IPEX) 


Indonesia Property Expo (IPEX) yang digelar setiap tahun selalu membawa nuansa yang menyegarkan dalam industri properti di Indonesia. Bukan hanya pameran properti saja namun juga digelar acara-acara yang terkait seperti talk show bertema mendekorasi rumah, seperti yang di adakan pada hari Rabu 31 Juli 2019.

Hunian di kota besar seperti Jakarta sudah memiliki harga yang tinggi dengan lahan terbatas. Bukan berarti dibangun asal saja tanpa perencanaan. Karena rumah yang nyaman sangat penting bagi penghuni untuk merasa kerasan menempatinya.
Rumah bukan sekadar bangunan yang kokoh dengan gaya arsitektur terbaru. Sejatinya rasa nyaman dan aman saat pulang ke rumah adalah salah satu hal penting bagi kebahagiaan keluarga. 

Dengan rumah yang asri dan berkarakter sesuai penghuni maka setiap anggota keluarga yang tinggal di dalamnya akan merasa nyaman. Fungsi rumah sebagai tempat perlindungan dan beristirahat dpaat terpenuhi.

Yuk, Mendekor Rumah Mungil

Memiliki hunian dengan luas lahan yang terbatas membutuhkan trik khusus agar bisa menjadi hunian yang memiliki sisi fungsional dan artistic secara seimbang. Karena keterbatasan itulah maka diperlukan teknik khusus dalam menata interior rumah. Bertempat di Hall B JCC Jakarta disela-sela berlangusngnya event Indonesia Properti Expo (IPEX 2019), Adelya Vivin seorang interior designer memberikan “Tips dan Trik Menata Ruang Mungil”.

Meski lahan terbatas namun kita tetap bisa berkreasi sesuai apa yang kita idam-idamkan
.
1.       Tentukan tema yang kita inginkan agar pembelian dan penataan furniture bisa menyesuaikan.
2.       Tentukan anggaran belanja seusai kemampuan kita. Jangan sampai demi rumah idaman kita menjadi bermasalah dalam pengaturan keuangan keluarga.

3.       Kebutuhan ruang untuk seluruh anggota keluarga. Diskusikan dengan jelas ruang apa saja yang memang dibutuhkan dan disesuaikan dengan ruangan yang ada.
Setelah menentukan tema kita mulai dengan menyusun kebutuhan seperti
1.       Furniture. Pemebelian furniture harus sesuai dengan tema yang telah disepakati.
2.       Sirkulasi udara harus diperhatikan agar rumah menjadi segar dan sejuk tidak membuat penghuni merasa sesak.
3.       Penentuan warna cat dinding. Untuk ruang mungil sebailnya menggunakan warna cerah seperti putih maupun warna terang lainnya agar ruangan terasa lebih luas dan terang.
4.       Penyimpanan. Jika tak punya ruang khusus untuk gudang harus disiapkan ruang-ruang khusus untuk menyimpan berbagai barang yang sebaiknya tak nampak sepeti alat-alat kebersihan rumah tangga.
5.       Pencahayaan. Rumah yang terang tentu terasa menenangkan dan memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas. Pencahayaan bisa secaraalami melalui jendela dan bukaan-bukaan atau dengan lampu yang bentuk dan penempatannya disesuaikan dengan kondisi ruangan. Untuk ruang makan sebaiknya pencahayaan harus terang agar semua terlihat jelas. Tentu berbeda dengan kebutuhan pencahyaan untuk kamar tidur.

Mendekorasi rumah mungil memang membuthkan kreativitas tanpa batas agar tercipta hunian yang nyaman.  Di Indonesia Properti Expo kita bisa melihat berbagai design rumah yang ditawarkan. IPEX 2019 ini diikuti pengembang dengan lokasi perumahan diberbagai propinsi di Indonesia dan berbagai jenis hunian baik rumah maupun apartmen.

Menata Ruang Kerja


Pembicara ke dua adalah Zata Ligouw “Tip dan Trick Menata ruang kerja di Rumah”. Memiliki ruang kerja di rumah bagi pekerja lepas tentu merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Lebih bagus jika memang ada ruang khusus. Namun bahkan jika kita hanya memiliki sebuah sudut di rumah pun tak menjadi halangan untuk bekreasi dalam menciptakan sepetak ruang pribadi untuk bekerja.

Melihat-lihat maket apartemen di IPEX 2019 ini memberi gambaran betapa sebuah “ruang” menjadi begitu berharga. Maka ruang kerja pun perlu ditata sedemikian rupa agar membuat nyaman dan mendorong kreativitas dalam bekerja.
Meja adalah pokok dari sebuah ruang kerja. Tentu meja yang sesuai kebutuhan. Sesuaikan tinggi meja agar kita nyaman saat menulis atau mengerjakan berbagai hal di sana. Terpenting adalah meja harus kuat dan sesuai dengan anggaran. Tak perlu memaksa diri untuk membeli meja mahal, yang penting fungsi dan ukurannya tepat.

Baik mendekor rumah maupun ruang kerja selain keseuaian furniture kita juga membutuhkan kesegaran berbagai tumbuhan agar ruangan menjadi asri dan menyenangkan.
Banyak inspirasi bisa kita dapat saat mengunjungi IPEX , yang penasaran boleh kunjungi media sosialnya https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo dan bisa melihat berbagai aktivitas terkait properti di Indonesia.

Salam

Eka Murti



Artikel Terkait