MUDIK AMAN, SELAMAT SEHAT SAMPAI TUJUAN


MUDIK AMAN, SELAMAT SEHAT SAMPAI TUJUAN

Mudik aman, selamat sehat sampai tujuan

Sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Fitri. Bertemu sanak saudara di kampung halaman selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap tahun. Orang-orang yang merantau kembali ke kampung halaman bersilaturahmi dan merayakan hari raya bersama-sama.

Tradisi mudik khususnya dari kota metropolitan Jakarta ke daerah-daerah di seluruh Indonesia manjadi agenda nasional yang rutin menjadi prioriatas pemerintah. Dalam hal ini terkait dengan sarana dan prasarana jalan yang digunakan pemudik yang melalui jalan darat dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Arus pemudik bertumpuk-tumpuk di sepanjang jalan pulau Jawa membuat kementrian terkait turun tangan untuk menjamin pemudik sampai dengan selamat di kampung halaman dan kembali lagi. Bukan hanya kelancaran arus mobiltas saja yang menjadi perhatian namun juga kondisi pemudik baik fisik maupun mental menjadi perhatian pemerintah.

Pada acara Ngabuburit Sehat bareng Menkes dan Menhub diangkat tema Mudik aman selamat sehat sampai tujuan. Penting bagi pemudik untuk mempersiapkan diri secara maksimal mengahadapi arus mudik yang memerlukan stamina tinggi, mengingat kondisi di jalan akan sangat padat

.
Jaga Kesehatan Diri


Kementrian kesehatan menyiapkan fasilitas kesehatan bagi para pemudik di banyak titik di sepanjang jalur mudik. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi disiapkan fasilitas istirahat dan cek kondisi fisik di beberapa rest area. Untuk pengguna kendaraan umum di terminal maupun stasiun juga disiapkan posko-posko kesehatan.

Selain posko-posko juga disipakan rumah sakit-rumah sakit yang siap untuk menanggapi kondisi darurat. Secara pribadi Menkes Dr Nila Moeloek mengingatkan pemudik untuk menjaga kondisi kesehatan selama mudik. Bukan hanya kelelahan yang harus diantisipasi namun juga pola makan dan GERMAS yang harus menjadi prioritas para pemudik. 

Menjaga makan agar selalu sehat dan mengontrol kesehatan secara rutin tak boleh dilupakan. Jangan sampai terlena dengan aneka kuliner hingga setelah kembali dari berlibur justru tubuh mengalami berbagai penyakit pasca lebaran.

Setiap orang bertanggung jawab atas diri sendiri teramsuk menjaga kesehatan. Kesadaran ini penting agar kesehatan kita selalu terjaga. Kita juga sebaiknya turut menjaga kesehatan keluarga sehingga dari unit terkecil ini akan menjadikan masyarakat Indonesia yang sehat.

Pemudik juga diingatkan untuk tidak sembarang mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat. Harus diperhatikan benar kondisi makanan kita. Khusus bagi ibu yang membawa bayi sebaiknya dipersipakan secara khusus jangan sampai bayi terkena infeksi selama dalam perjalanan. Bagaimanapun mudik membutuhkan kekuatan stamina bagi orang dewasa apalagi bayi yang menempuh perjalanan panjang dan lama.

Sarana dan Prasarana Jalan Raya

Sementera Kementrian Perhubungan telah mempersiapkan infrastruktur jalan tol bagi pemudik. Khusus di pulau Jawa ada pengaturan arus disaat-saat padat dibuka jalur contra flow untuk mengurangi kemacetan. Selain itu untuk rest area juga telah disiapkan secara maksimal meski untuk mengurangi kepadatan di rest area diarahkan untuk keluar di beberapa kota agar lebih lancer. Salah satunya Cirebon yang dijadikan tujuan utama untuk beristrirahat sekaligus wisata bagi pemudik.
Tentu saja keberadaan SPBU dan pasokan bahan bakar menjadi perhatian mengingat kondisi padat yang seringkali tak dapat di prediksi. Pemudik diingatkan untuk mengisi bahn bakar sebelum masuk jalan tol sebagai persiapan.

Persiapkan Diri dan Kendaraan


Agar mudik menjadi nyaman serta sehat dan selamat sampai tujuan perlu dipersiapkan secara matang. Jumlah penumpang kendaraan maupun barang yang dibawa jangan sampai melebihi kapasitas. Kondisi mesin, rem maupun roda harus dicek dan dalam keadaan prima. Demi keselamatan diri sendiri dan orang lain sebaiknya ada cadangan pengemudi. Sehingga saat kelelahan ada ynga menggantikan. Setiap empat  jam sebaiknya istirahat agar tidak mengalami kelelahan dan mengurangi konsentrasi dalam mengemudi.

Siapkan bekal terutama jika membawa anak-anak dan lansia. Obat-obatan pribadi pun jangan tertinggal. Dengan demikian mudik aman, selamat sehat sampai tujuan akan tercapai. Selamat mudik!

Salam
Eka Murti

Artikel Terkait