DOMUS HUNTARA SOLUSI HUNIAN MANTAP TAHAN GEMPA


DOMUS HUNTARA SOLUSI HUNIAN MANTAP TAHAN GEMPA


DOMUS HUNTARA
Pekerja konstruksi Domus Huntara
telah bersertifikat


DOMUS Huntara atau hunian sementara bagi korban gempa merupakan varian dari produk unggulan PT. Tata Logam Lestari. Tata Logam sudah lama melakukan inovasi hunian melalui Domus, hunian permanen yang tahan gempa. Bangunan dengan rangka baja ringan ini bisa dibangun hanya dalam waktu 5 (lima) hari saja.

Sistem pendukung untuk Domus pun telah terbangun dengan baik selama bertahun-tahun, selain ketersediaan material dengan kualitas terbaik juga tenaga konstruksi yang telah melalui berbagai pelatihan yang tersertifikasi sebelum diterjunkan sebagai tenaga ahli konstruksi Domus. Tenaga konstruksi Domus telah tersebar di seluruh Indonesia.

Sertifikasi tenaga konstruksi Domus ini penting agar pendirian Domus dimanapun sesuai standar yang telah di tetapkan. Semakin tinggi minat masyarakat pada Domus semakin banyak pula tenaga kosntruksi yang dibutuhkan, maka Domus masih terus melakukan pelatihan dan sertifikasi keahlian.

DOMUS Huntara Solusi Jitu bagi Korban Gempa

CEO Tata Logam Lestari
Vice President PT. Tata Logam Lestari Stephanus Koeswandi

Domus mendapat tantangan dari menteri perumahan Basuki Hadimuljono untuk menyediakan Huntara atau hunian sementara bagi para pengungsi korban gempa. Huntara yang kuat dan tahan gempa serta nyaman untuk ditinggali adalah syarat yang diinginkan oleh bapak menteri. Selain itu juga agar setelah kondisi memungkinkan penyediaan hunian tetap bagi korban gempa dapat segera terlaksana dengan cepat. Maka dibutuhkan huntara yang siap dialih fungsikan menjadi huntap dengan konsep berkelanjutan. Mengingat aspek-aspek Domus sudah mememenuhi syarat, maka tantangan tersebut disambut PT. Tata Logam Lestari dengan gembira.

Rangka baja ringan yang kuat, mudah dirangkai dan cepat membuat Domus flexible untuk dibangun dimanapun selama kontur tanahnya memungkinkan.  Sebelum mendirikan Domus harus dilakukan survey kelayakan agar bangunan yang berdiri benar-benar aman untuk ditinggali.

Kelebihan Domus Huntara

Sebagai hunian sementara bagi pengungsi maka syarat utama adalah bangunan harus aman bagi penghuni. Domus memilik beberapa kelebihan sebagai hunian sementara dibanding jenis hunian lain seperti tenda atau bangunan nonpermanen lainnya.

Domus Baja Ringan
Contoh kolom Baja Ringan pada Domus


KUAT


Ragka bangunanan, kolom praktis dan rangka atap menggunakan Baja Ringan dari PT. Tata Logam Lestari, produsen baja ringan terbesar dan telah memiliki pengalaman puluhan tahun dengan reputasi terbaik di Indonesia. Dikombinasikan dengan genteng metas dari SiMANTAP membuat bangunan ini kuat.





Hanya 5 hari jadi rumah permanen
Cepat


Proses pengerjaan Domus telah melaluiperencanaan matang. Penentuan bahan, pengadaan material, tahap perakitan dan pemasangan, pembagian kerja tukang sesuai dengan keahliannya. Semua dilakukan dengan menejemen waktu yang terukur dan sistematis. Sehingga penyediaan hunian sementara bagi para pengungsi bisa disediakan hanya dalam tempo 2 (dua) hari saja.

Flexibel

Domus Huntara
Contoh Domus Huntara pada event Konstruksi Indonesia

Sebagai hunian sementara dengan rangka baja ringan untuk penutup sisi-sisi pengganti dinding dapat digunakan berbagai bahan yang tersedia dan mudah di dapatkan seperti terpal, plastik, bilik bambu, panel, gypsum dan lain sebagainya.

Besar atau ukuran luas Domus Huntara dapat disesuaikan dengan luas tanah serta kesesuaian dengan material lainnya. Dapat dibangun di lahan sempit atau luas sehingga sangat flexible dan memudahkan untuk dibangun di lokasi bencana sekalipun.

Selain itu Domus Huntara bisa dibangun dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan, seperti bentuk satu atap dan rangka panjang lalu dibagi per kolom dengan pemisah dinding. Dengan demikian pengungsi bisa memiliki ruang privasi, tidak seeprti tenda yang ukurannya telah ditentukan dari pabrik.

Domus Huntara menjadi Huntap


Domus hunian sementara dapat berubah fungsi menjadi hunian tetap saat sudah tidak diperlukan lagi. Dengan demikian ada lagi keunggulanlain Domus Huntara sebagai  hunian tetap.

Hemat

Selain hemat biaya karena dapat meminimalisir bahan sisa yang terbuang, huntara ini bisa dipindah dengan mudah dan dijadikan hunian tetap dengan penambahan beberapa fungsi pendukung seperti dinding serta kelengkapan sebuah rumah permanen.

Dari sisi biaya,Domus huntara yang tak lagi digunakan tidak serta merta menjadi barang rongsok atau onggokan tak berguna. Rangka Domus huntara dapat dipindah kelokasi lain yang diinginkan untuk mendirikan hunian tetap. Dengan demikian biaya pembangunan dapat ditekan semaksimal mungkin.

Selain hemat biaya Domus hunian permanen juga hemat waktu, huntara dapat dibangun dalam waktu 2 (dua) hari. Dengan 4 (empat) orang tukang terlatih (Metalman), proses penyiapan lahan, perakitan, pembangunan hingga penyelesaian rumah permanen tipe 21 hanya membutuhkan waktu 5 (lima) hari saja.

INDAH

Meski awalnya berasal dari Domus huntara namun saat telah menjelma menjadi hunian tetap bangunan ini tetap terlihat indah. Hasil pekerjaan dengan sentuhan artistic menghasilkan hunian indah yang memuaskan konsumen. Hunian tetap yang indah dan kuat tahan gempa adalah solusi bagi daerah rawan bencana gempa bumi.


Meski dibangun hanya dalam 5 hari rumah permanen Domus tetap Indah


Domus untuk Palu

Saat ini telah dikirim 60 unit Domus Huntara ke Palu beserta tenaga ahli yang akan membangunnya disana. Domus untuk Palu adalah salah satu kontribusi PT. Tata Logam Lestari dalam menyediakan hunian sementara yanag aman dan nyaman bagi para pengungsi.

Tim Blomil bersama Bapak.Stephanus Koeswandi

Salam


Eka Murti


Artikel Terkait