Dengan Pan dari www.duniamasak.com Memasak Pizza tanpa Oven pun Mudah


Dengan pan dari www.duniamasak.com, semua urusan masak langsung beres

Tragedi oven konslet

Pada suatu hari, saya yang lagi kumat isengnya kepingin bikin masakan italia. Favorit keluarga adalah Pizza dan Pasta. Adonan Pizza telah siap, maka saya harus memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan tersebut kedalamnya. Namun saat sedang memutar suhu yang saya kehendaki tiba-tiba saja “bluk” listrik anjlok dan mati. Setelah lisrik menyala saya mencoba menyalakan oven kembali namun hasilnya tetap sama. Oven yang sudah menemani selama 15 tahun akhirnya mati juga, mungkin dia lelah. Meski kematian oven adalah takdir akan tetapi masih ada adonan pizza yang harus diselamatkan. Lalu tiba-tiba saya ingat pada pan FINCOOK FP2201TF Non Stick Coating ukuran 22cm, https://www.duniamasak.com/search/fincook/.  Pelapis anti lengket yang digunakan Fincook sudah Foodgrade, maka saya tak khawatir lagi.

Buru-buru saya ambil dan bersihkan pan sebelum digunakan, diameternya pas dengan adonan pizza. Voila! (sekali-sekali pakai bahasa Perancis hasil kursus bolehlah ya). Pizzanya matang sempurna seperti yang saya harapkan. Meski tanpa oven saya tetap bisa memanggang adonan pizza dengan hasil yang memuaskan. Memang kita harus kreatif khususnya disaat-saat genting seperti ini. “Tak ada rotan akar pun jadi”, tak ada oven Pan pun jadi.

Saya akan membeberkan rahasia memasak praktis dengan hasil istimewa. Masaknya sebentar tapi hasilnya cetar membahana. Sebagai sosialita yang selalu sibuk namun tetap dituntut untuk menyediakan masakan rumah yang lezat, saya harus pintar-pintar mengatur strategi. Kalau kelamaan di dapur nanti saya kapan eksisnya dong? Hehehehe. Memasak dalam waktu singkat namun bisa menghasilkan beberapa jenis makanan, minimal dua jenis yang berbeda. Jika melihat hasilnya orang akan mengira memasaknya sungguh repot dan memakan waktu, padahal sih…sssttt..

1 Resep Saus untuk 2 Masakan Italia yang Lezat

Saus Bolognese adalah pilihan yang paling mudah dan tentu saja bisa digunakan untuk jenis makanan lainnya. Pasta dengan saus Bolognese pun sudah lama menjadi favorit keluarga. Setelah melihat berbagai resep yang berseliweran di internet maka saya berhasil memodifikasi resep yang mudah dan murah. Resep aslinya menggunakan pasta tomat, namun pasta tomat selain mahal juga sulit ditemukan, jadi saya menggantinya dengan saus tomat, gunakan dari merk yang terbaik karena lebih kental dan rasa asamnya lebih terasa, selain tentu saja terjamin proses produksinya.

Resep Saus Bolognese


Pada dasarnya saus Bolognese adalah saus yang berbahan dasar tomat, ditambah campuran rempah-rempah yang membuat rasanya menjadi asam dan gurih sehingga sangat cocok jika dipadukan dengan aneka daging dan sayur.

Bahan-bahan:

  • 2 buah bawang bombai ukuran sedang, iris dadu atau memanjang.
  • 4 sendok makan margarine untuk menumis.
  • 250 gram daging giling, boleh lebih sesuai selera.
  • 2 buah tomat ukuran sedang, rebus lalu parut.
  • 200 ml saus tomat
  • 10 gram kaldu sapi
  • 9 siung bawang putih cincang halus
  • Oregano, lada, garam secukupnya


Topping


Aneka topping seperti daging giling, sosis, paprika, daging asap dan bawang bombay bisa dipilih, karena selain mudah didapat saat dicampur dengan saus Bolognese rasanya akan semakin nikmat, dan tidak merusak rasa dagingnya. Jangan lupa untuk menambahkan keju.

Cara Membuat Saus Bolognese

  • Lelehkan margin dengan campuran sedikit minyak goreng
  • Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum
  • Masukkan daging cincang, aduk rata hingga daging matang
  • Masukkan tomat yang telah diparut, saus tomat, kaldu sapi, garam dan lada aduk hingga mendidih (meletup-letup).
  • Kemudian masukkan oregano sesaat sebelum mematikan kompor.
Cara Memasak Pizza
Pizza yang dimasak dengan pan "Fincook"
dari www.duniamasak.com,


Saus Bolognese sudah jadi, hanya perlu dioles diatas permukaan adonan pizza. Saya memakai adonan yang sudah jadi (instan), bisa dibeli dengan harga sekitar sepuluh ribu rupiah berisi tiga adonan berbentuk bundar. Untuk resep pembuatan adonan dasar pizza lain kali saja ya, sementara pakai yang instant dulu.

Nah, setelah saus dioleskan lalu tambahkan topping seperti paprika, sosis maupun daging asap. Kemudian parut keju mozzarella di atasnya untuk merekatkan topping pada adonan. Keju mozzarella akan meleleh saat terkena panas hingga saat digigit topping tidak akan berjatuhan.

Setelah adonan dan topping rapi maka masukkan ke dalam pan yang telah dioles margarine, lalu tutup. Biarkan matang, angkat dan sajikan dengan tambahan saus sambal.

Saat membuat saus Bolognese saya menggunakan peralatan masak dari https://www.duniamasak.com/products/wajan-dan-penggorengan-bolde-super-pan-set-purple-5-pcs-new-item-11937.aspx. Ukuran diameternya cocok dengan volume saus yang hendak saya masak dan merupakan peralatan masak berkualitas tinggi, terbuat dari bahan granit dengan ECO GREEN Technology yang ramah lingkungan serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya.


Cara Memasak Pasta
           Fettuccini Bolognese  
  • Pilihan pasta beraneka ragam, kita  bisa memilih mana yang ingin disantap. Kali ini saya memilih spaghetti dan fettuccine, perbedaannya hanya pada bentuknya saja. Fettuccine berbetuk pipih sementara spaghetti lebih menyerupai mie telur yang biasa kita makan.
  • Rebus pasta dalam wadah besar seperti panci dari “fincook” Masukkan 2 sendok makan minyak goreng aduk rata
  • Masukkan pasta masak hingga matang.
  • Angkat, tiriskan, lalu susun diatas piring dan siram dengan saus Bolognese yang telah kita buat, tambahkan parutan keju cedar dan siap dihidangkan.

Dengan satu resep saus kita bisa membuat dua hidangan italia yang lezat dengan cepat dan mudah. Saya masih sedih karena sekarang tidak punya oven lagi. Tapi sekali lagi saya teringat dengan situs www.duniamasak.com dimana saya mendapat beberapa peralatan masak sebelumnya. Situs ini bisa dipercaya, barang yang ada di katalog sama dengan yang diterima. Packing juga rapih dan dibungkus bubble wrap hingga produk sampai ke pelanggan dengan aman. Varian produknya banyak, untuk pebisnis kuliner akan sangat menguntungkan belanja disini, spesifikasi produk jelas dan harga pun bersaing plus sering ada promo, lho. Selain itu ada costumer service yang siap siaga membantu jika kita mengalami kesulitan. 

Belanja peralatan masak diwww.duniamasak.com 
aman, terpercaya dan dipacking dengan baik.


Saat melihat-lihat aneka jenis oven eh malah nemu ini  https://www.duniamasak.com/products/rice-cooker-miyako-psg-607-7386.aspx ricecooker yang bisa untuk memasak nasi (jelaslah ya) tapi juga bisa untuk memasak mie dan menghangatkan makanan. Jadi dilema deh, soalnya ricecooker yang di rumah juga sudah waktunya diganti nih, karena nasi yang dimasak sudah mulai gampang berair. Oh, help me God…

Selamat mencoba resep simpel andalan emak-emak penggemar goodie bag ini.

Salam,

Eka Murti


Artikel Terkait