Merakit Gundam Impian di Gunpla Expo 2018

Di atrium Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading ada robot Gundam setinggi 3 meter. Di belakang robot itulah pintu masuk Gunpla expo Indonesia 2018. Expo yang menggelar ribuan item dari berbagai varian karakter setiap harinya. Bapak Yohanes atau lebih akrab dipanggil Koh Cai pemilik Multi Toys mengatakan ada sekitar 20 item Gunpla eksklusif yang hanya ada di Expo ini.

Cosplay Gundam, salah satu favorit pengunjung untuk berfoto bersama

Multi toys bekerja sama langsung dengan Bandai Jepang dan Mall of Indonesia (MOI) dalam menggelar event ini. MOI mendukung dengan menyediakan tempat yang luas untuk Gunpla expo karena melihat segi positifnya. Acara lainnya adalah cosplay dan merakit Gunpla untuk anak-anak sekolah dasar yang hasilnya boleh dibawa pulang.



Bpk. Yohanes (Koh Cai) pemilik Multi Toys bersama anak-anak merakit gundam

Gundam berasal dari Jepang. Varian karakter robot yang diciptakan untuk sebuah film animasi atau biasa disebut anime. Karakter robot tersebut ada yang baik dan jahat. Berbeda dengan American super heroes, varian karakter Gories dan penjahat pada Gundam lebih banyak. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap generasi.

Bersama Tomizawa san dari Badai Jepang

Para kolektor Gundam memahami sampai detail terkecil seperti mata mata serta bentuk wajah dan senjatanya. Pada Gundam karakter jahat biasanya hanya memiliki satu mata. Sedang yang nampak wajah utuh adalah jagoannya.

Gunpla bukan sekadar robot biasa. Gundam Plamodel Exposition (Gunpla) adalah potongan-potongan bagian yang harus dirakit agar menjadi Gundam yang utuh. Kreasi bisa tak terbatas dengan mengecat, menempel stiker sampai menciptakan diorama.



Gundum seukuran manusia

Gunpla eksklusif impian Gandam mania

Gundam pun ada yang berwarna pink lho

Beberapa selebriti yang mengaku sebagai Gundam Mania mengatakan membuat Gunpla bisa membuat ketagihan karena tantangan dalam merakit tiap-tiap varian karakter sangat berbeda dan setelah selesai akan merasakan kepuasan dari hasil kerja keras. Butuh konsentrasi dan kesabaran untuk bisa menciptakan sebuah Gundam yang utuh.

Hasil rakitan Gundam yang telah selesai sempurna dapat dijadikan koleksi yang  keren. Seperti yang terlihat pada display di Gunpla Expo 2018 ini.

Gunpla yang digelar di sini asli diproduksi di Jepang. Dengan proses produksi modern dan kontrol kualitas yang ketat. Tomizawa san dari Bandai Jepang menjelaskan setiap bagian sampai yang terkecil pun bentuknya presisi dan tahan lama. Kualitas produk yang tinggi inilah yang menjadikan Gunpla digilai dan menarik banyak kolektor selama bertahun-tahun.

Proses produksi menggunakan teknologi canggih menghasilkan produk dengan kualitas terbaik

Meski terlihat rumit namun sebenarnya Gunpla dapat dimainkan anak-anak. Ada beberapa varian dengan bentuk lebih sederhana dan harga terjangkau yang dapat dipilih. Merakit Gunpla bagus untuk menstimulasi otak khususnya anak-anak serta melatih kesabaran dan ketelitian. Selain tentu saja memicu kreativitas dan melatih motorikya. Dan yang terbaik dari merakit Gunpla adalah menjauhkan anak dari gadget.


Gunpla Expo 2018 akan berlangsung hingga 5 Agustus 2018 di Atrium 2 GF Mall of Indonesia (MOI) kelapa gading.
Eka Murti

Artikel Terkait

7 komentar