AYO KE JAKARTA FAIR



Ajang expo tahunan yang digelar secara rutin sejak tahun 1968 di Jakarta ini mengusung pengembangan industri dan perdagangan Indonesia. Waktu expo yang cukup panjang menjadikan ajang ini sebagai ajang terbesar dan potensial untuk mempromosikan aneka produk khususnya produksi dalam negeri.  menampilkan produk dalam negeri, baik berskala besar, menengah, kecil dan koperasi dari seluruh Indonesia, 
Acara pembukaan dimeriahkan dengan pesta kembang api

Jakarta Fair diselenggarakan menjelang perayaan ulang tahun kota Jakarta, sekaligus menjadi ajang promosi kebudayaan Betawi baik berbagai kesenian tradisional maupun makanan khasnya seperti kerak telor yang telah melegenda. Pemerintah DKI mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) no. 8 tahun 1968 yang antara lain menetapkan bahwa Jakarta Fair akan menjadi agenda tetap tahunan dan diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta yang dirayakan setiap tanggal 22 Juni.
Dari tahun ke tahun penyelenggaraan Jakarta Fair mengalami banyak perubahan. Jakarta Fair pertama kali hanya berbentuk pasar malam di lapangan Monas. Seiring makin meningkatnya jumlah pengunjung serta menyesuaikan kemajuan zaman maka penyelenggaran expo ini ditangani dengan lebih serius dan modern. Lokasi lapangan monas sudah tidak memungkinkan lagi maka Jakarta Fair di pindah secara resmi ke Kemayoran yang menempati area seluas 44 hektar.

Sebuah yayasan dibentuk sebagai penyelenggara Jakarta Fair. Sesuai Perda no. 8/1968 tersebut tugas yayasan ini bukan hanya menyelenggarakan PRJ saja tetapi juga sebagai penyelenggara Arena promosi dan Hiburan Jakarta (APHJ) yang dijadwalkan berlangsung sepanjang tahun.
Jakarta Fair 2018 dibuka pada 23 Mei 2018 memberi nuansa baru dalam penyelenggaraan event tahunan ini. Aplikasi mobile yang dapat di download oleh pengunjung memberi kemudahan akses informasi yang dibutuhkan. Selain tentu saja banyak tambahan promo penjualan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung melalui aplikasi tersebut.

Kemudahan akses transportasi pun tak luput dari perhatian penyelenggara. Pemda DKI menyediakan bus Trans Jakarta dari berbagai wilayah langsung ke arena Jakarta Fair. Hal ini membuat pengunjung tak perlu repot memikirkan parkir, meski tentu saja area parkir pun tersedia dengan jumlah yang memadai.

Demi kenyamanan pengunjung sarana dan prasarana umum disediakan dalam jumlah banyak dan tersebar diberbagai areal. Dan tentu saja kebersihan selalu menjadi prioritas utama.
Jakarta Fair tak hanya menjadi event pameran semata namun telah menjadi destinasi wisata libur lebaran bagi masyarakat di dalam dan luar Jakarta, karena selama penyelenggaraannya sejak 23 Mei hingga 1 Juli 2018 bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Aneka produk tersedia, panggung hiburan pun meriah, kuliner dengan berbagai cita rasa tersebar dimana-mana, tak ketinggalan sebuah arena disiapkan khusus bagi pecinta sepak bola untuk menyaksikan siaran langsung Piala Dunia.

Atraksi barongsai yang menawan menjadi salah satu acara hiburan yang dinanti pengunjung


Tak ketinggalan berbagai aksi sosial diselenggarakan seperti donor darah maupun santunan bagi anak yatim.

Tunggu apa lagi? Ayo ke Jakarta Fair.

Eka Murti

#Ayokejakartafair


Artikel Terkait

1 komentar so far