Assalamualaikum Calon Imam,Tak Kenal Maka Ta'aruf



Beberapa film dengan tema religi ramai singgah di bioskop Indonesia. Film dengan tema seperti ini selalu memiliki pangsa pasar mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim.

Sumber Foto: akun IG Assalamualaikum Calon Imam


Film Assalamualaikum Calon Imam (ACI) terinspirasi dari novel best seller dengan judul sama yang skenarionya ditulis oleh Oka aurora ini mengisahkan kegelisahan seorang gadis bernama Fisya tentang hidup percintaannya. Ketika jodoh yang hadir adalah seseorang yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Film ini tak hanya berkisah tentang cinta romantisme sepasang kekasih namun justru lebih terfokus pada nilai-nilai keluarga dan pernikahan. Cinta romantisme dapat tumbuh setelah menikah dengan niat mengharap ridho Allah SWT semata.

Karakter Fisya yang diperankan oleh Natasha Rizky terikat erat dengan pola asuh dalam keluarganya. Gejolak jiwa mudanya pun terlihat dalam setiap pengambilan keputusan. Karakter tokoh ini diimbangi oleh karakter dr. Alif (Miller Khan) yang berprofesi sebagai dokter bedah syaraf dan lebih dewasa. Pemeran pendukung lainnya adalah sederet aktor muda Indonesia seperti andi Arsyil, Hessel Steven, Reva Mustafa, Defwita Zumara, serta aktor senior Le Roy Osmany, Keke Soeryo dan Rheina Ipeh serta penampilan khusus Dr. Deby Vinski yang sekaligus menjadi produser.
bersama Miller Khan (pemeran dr. Alif)

Bersama Hessel Steven (pemeran dr, Kafa)



Alur cerita mengalir dengan beberapa twist yang menarik. Meski tak mengumbar adegan kemesraan yang biasa hadir dan bahkan menjadi nilai jual dalam film layar lebar, film ini mampu menciptakan kebaperan dalam beberapa adegan yang sebenarnya sederhana. Kekuatan cerita dan akting yang bagus dari para pemainnya mampu mengaduk-aduk perasaan penonton.

Selain kisah cinta dan konflik keluarga ada beberapa adegan terakit medis yang hadir dengan tujuan memberi pemahaman kepada pemirsa tentang beberapa penyakit dan penanganannya. Pesan medis dalam Assalamualaikum Calon Imam  (ACI) tak nampak seperti iklan kesehatan yang sekadar muncul sebagai tempelan atau terkesan menggurui. Justru yang seharusnya berat dan serius dikemas dengan apik dan menyatu dengan keseluruhan cerita.

Beberapa adegan berlokasi di Makasar dengan menampilkan ikon kota tersebut, Pantai Losari dan lokasi-lokasi lain. Lokalitas dalam beberapa film Indonesia seharusnya dapat menjadi trend sekaligus ajang promosi wisata Indonesia.

Segmen pasar yang dituju adalah anak muda namun tentu saja film ini juga cocok ditonton oleh para emak yang membutuhkan hiburan alternatif yang menyegarkan selain sinetron yang wara-wiri di televisi. Assalamualaikum Calon Imam tayang di bioskop 9 Mei 2018

Eka Murti

Artikel Terkait

2 komentar