5PM Film Religi Penyejuk Hati



5PM ( 5 Penjuru Masjid). Film dengan tema religi memiliki tempat khusus di hati penggemar film Indonesia. Hadir dengan tema sederhana yang mengetengahkan kisah para pemuda dengan pergulatan batinnya masing-masing hingga menemukan jalan menuju masjid.
Film ini dibintangi oleh sebagian besar adalah pendatang baru. Wajah-wajah baru memberi nuansa segar. Adegan awal dibuka dengan orang-orang berlari mengejar seorang maling sungguh khas film Indonesia dalam menggambarkan kondisi chaos.

Adegan awal itulah yang menjadi benang merah keseluruhan kisah dalam film ini. Si tokoh maling kotak amal masjid yang disebut bewok, digiring ke masjid bukan ke kantor polisi. Tentu dengan maksud untuk member kesempatan ke dua kepada tersangka. Tanggung jawab mengawasi perbaikan diri Bewok diserahkan kepada para pemuda masjid.

kisah tragedi yang diselingi dengan komedi membuat alur cerita tidak membosankan meski dengan cara tutur yang sederhana.

Masing-masing pemuda menceritakan perjalanannya hingga menemukan kedamaian di masjid yang sekarang menjadi tempat mereka berkumpul dan berkegiatan. Selain konflik pribadi juga ada konflik antar mereka yang diberi bumbu asmara.






5pm yang berniat memberi porsi yang sama pada masing-masing tokoh ini, terperangkap pada batasan durasi , sehingga pengembangan karakter tiap tokoh tidak maksimal. Memang hal ini selalu menjadi kendala dalam film yang memiliki beberapa tokoh central. Belum lagi porsi untuk pemeran pendukung yang juga cukup  penting dalam meningkatkan greget jalinan kisah film ini.





Bagaimanapun juga film ini telah memberi kesejukan dengan tema sederhana yang disampaikan secara manis tanpa perlu mendramatisir dengan adegan pembalasan-pembalasan sekadar untuk menakut-nakuti atau memberi pelajaran pada penonton agar bertaubat.

Mengajak penonton agar kembali ke masjid dan meramaikan masjid tanpa menggurui, 5pm berhasil membuat saya ingin lebih mengenalkan masjid kepada anak-anak sedini mungkin.. Menciptakan masjid yang ramah anak, agar hati terpaut pada masjid sejak dini.

Eka Murti

#Film
#5PM
 

Artikel Terkait