Rakornas Perpustakaan 2018: Penguatan Literasi sebagai Salah Satu Prioritas Pembangunan Nasional



Senin 23 Maret 2018, bertempat di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional, jalan Merdeka Selatan no.11, Jakarta diselenggarakan jumpa pers terkait pelaksanaan Rapat Koordinasi nasional (Rakornas) Perpustakaan yang akan berlangsung pada 26-28 Maret 2018 di Jakarta. Rakornas Perpustakaan akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, sekaligus meresmikan secara resmi perpustakaan digital Wakil Presiden RI.  

Rakornas Perpustakaan bertujuan untuk mengindentifikasi permasalahn dan isu-isu strategis terkait dengan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca, serta menyelaraskan program, kegiatan dan lokus pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca.

Pemerataan akses perpustakaan bagi masyarakat menjadi salah satu target yang ingin dicapai oleh Perpustakaan Nasional melalui pengembangan pustakawan bergerak. Program pustakawan bergerak dapat terwujud bila ada dukungan kebijakan dan anggaran yang dilaksanakan secara terintegrasi antara pusat dan daerah, demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bado.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bado

Pengembangan perpustakaan dan literasi terakiat erat dengan peningkatan sumber daya manusia. Pendidikan dan literasi adalah bagian dari pembangunan manusia, yang dapat memutus mata rantai kemiskinan dalam masyarakat. Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 penguatan literasi menjadi salah satu prioritas yang mendukung Prioritas Nasional Pembangunan Manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.

Pada konteks ini, perpustakaan harus menjadi ruang berbagi pengalaman, sarana berlatih keterampilan kerja guna mengembangkan potensi individu/masyarakat. Perpustakaan tidak hanya menyediakan sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan,tapi juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan  sehingga kehadiran perpustakaan menjadi penting sebagai institusi pelopor gerakan literasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Rakornas Perpustakaan akan diselenggarakan di Hotel Bidakara dengan menghadirkan nara sumber dari Komisi X DPR-RI, Bapenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Riset dan Teknologi dan perguruan tinggi, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, dan Kepala Perpustakaan Tapanuli Selatan.



Selain instansi-intansi terkait, Rakornas Perpustakaan ini juga akan dihadiri oleh para penggiat literasi dari seluruh Indonesia agar tujuan pelaksanaan Rakornas ini dapat tercapai secara maksimal. Untuk itu akan digelar pula sesi pararel yang membahas isu-isu strategis mengenai pengembangan peprustakaan sekolah, peprustakaan perguruan tinggi, peprustakaan umum dan perpustakaan khusus.

Blomil bersama bpk, Muhammad Syarif Bado



Salam Literasi,

Eka Murti

Artikel Terkait

1 komentar so far