YUK, KE PERPUSTAKAAN

Dunia literasi Indonesia kini semakin bergairah dengan dibangunnya fasilitas layanan perpustakaan nasional. Gedung dengan 24 lantai yang memiliki fungsi berbeda tersebut dapat melayani pengunjung dengan berbagai kepentingan akan informasi literatur.
Kalangan akademisi, umum, anak-anak maupun lansia semua mendapat pelayanan yang tepat sesuai kebutuhannya. Generasi milenial yang memiliki kecenderungan mendapat informasi secara cepat pun mendapat dukungan dengan adanya perpustakaan digital. Kaum difable juga memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas perpustakaan nasional. Buku-buku menggunakan huruf Braille tersedia dalam beragam koleksi termasuk novel-novel popular seperti trilogy laskar pelangi karya Andrea Hirata.
Rak buku yang mencapai langit-langit
di lobby utama
Pemandangan dari teras lt. 24


Fasilitas perpustakaan nasional buka setiap hari pukul 8.30-16.00 wib.Gedung Perpustakaan Nasional terletak di Jalan Merdeka Selatan no 11 Jakarta Pusat.


Gedung yang nyaman dengan fasilitas beragam ini ramah bagi pengunjung. Cukup membuat satu kartu yang dapat digunakan untuk mengakses beragam informasi. Bahkan buku yang kita perlukan pun dapat dipinjam dan dibawa pulang.

Untuk mendaftar menjadi anggota syaratnya hanyalah mengisi form pendaftaran sesuai dengan kartu identitas yang kita miliki, pusat pelayanan tersedia di lantai 2. Setelah mengisi data diri kita akan mendapat nomor antrean yang didalamnya telah tertera nomor anggota. Setelah itu hanya perlu menunggu giliran untuk foto dan cetak kartu. Mudah dan gratis alias tanpa biaya sama sekali.

Nomor antrean 



lt. 2 Pusat Layanan Pendaftaran



Dengan berbekal kartu tersebut kita dapat mengakses berbagai fasilitas yang ada di perpustakaan nasional tersebut. Termasuk peprustakaan digital.

Bayangan gedung perpustakaan yang kusam dan membosankan kini telah pupus dengan berdirinya perpustakaan modern ini. Akses yang cepat dan mudah ini diharapkan dapat mendongkrak minat baca masyarakat, terutama generasi masa depan.

lt. 24 Ruang baca yang luas dan nyaman
lt. 24 Ruang baca yang luas dan nyaman


Salam literasi

Eka Murti

#perpusnasbaru
#perpusnasgedungbar

Artikel Terkait

2 komentar