Explore Our Content Collection!

Browse through our gallery of expertly-crafted content to find the perfect one for your inspiring.

LENOVO K9 SMARTPHONE DENGAN FITUR “KEKINIAN” TERBAIK DI KELASNYA


LENOVO K9 SMARTPHONE DENGAN FITUR “KEKINIAN” TERBAIK DI KELASNYA

Lenovo K9

Lenovo K9 produk terbaru dari Lenovo yang diluncurkan pada 2 Oktober 2018. Pengguna Lenovo pasti telah paham keunggulan-keunggulannya, namun tentu saja untuk produk Lenovo K9 ini ada inovasi terbaru. Salah satunya adalah Kamera Ganda dengan kekuatan Rear Camera dan Front 13 MP+5MP.

Apa hanya itu keunggulan Lenovo K9? Baiklah mari kita kupas satu persatu spesifikasi Lenovo K9 ini.



Keunggulan Lenovo K9

Lenovo K9


Kamera Ganda

Lenovo K9 dilengkapi dengan kamera ganda dengan kekuatan Rear Camera dan Front 13 MP+5MP.Kamera ganda depan dan belakang. Jadi, untuk berselfie ria pun Lenovo K9 mendukungnya. Makin asyik dengan berbagai gaya dan hasil sempurna.

Bukan hanya generasi milenial saja yang selalu mencari produk smartphone dengan kamera canggih. Emak-emak seperti saya pun membutuhkannya. Teringat pada saat menonton pertunjukkan K-Pop minggu lalu, penyanyi-penyanyi Korea itu aslinya ganteng dan cantik tentu saja saya ingin mengabadikan dan membagi moment tersebut. Namun apa daya saya tidak punya kamera DLSR yang canggih, sementara kamera smartphone yang saya bawa sama sekali tidak mumpuni. Hasilnya menyedihkan, buram.

Kemudian saya mendapat informasi tentang produk Lenovo K9, bayangkan jika mengambil gambar dengan kamera ganda pasti hasilnya akan sangat keren. Setiap moment indah pun terekam jelas.

Glowing 2.5D Curved Glass Body

Bentuk yang ergonomis penting agar smartphone nyaman digenggam, terutama bagi pengguna smartphone yang mobile, maka hal ini menjadi sangat penting. Akan sangat melelahkan dan menyulitkan menggenggam telepon dalam waktu lama jika bentuknya kaku.

Bukan hanya kenyamanan tetapi bentuk yang Stylish juga penting. Bagaimanapun penampakan smartphone yang keren dan canggih akan meningkatkan rasa percaya diri saat memakainya.

Nah, Lenovo K9 memiliki desain bodi melengkung yang ergonomis 2.5 D hingga mengakomodir kenyaman dan juga lebih stylish tentunya

Layar HD 5,7 inci + Full Display

Layar yang lebar dan jelas penting agar dapat memberikan efek tampilan detail yang jernih bagi pengguna smartphone. Lenovo telah memikirkan hal ini pada inovasi produk terbarunya. Dengan layar selebar 5,7 inci plus full display.

Bagi penggemar buku seperti saya, membaca melalui smartphone dengan layar lebar seperti itu pasti akan sangat nyaman dan tidak membuat mata mudah lelah. Begitupun penggemar game, layar yang lebar akan lebih menyenangkan dan memuaskan.

RAM 3GB dan Penyimpanan Internal 32GB 

Ram 3 GB menurut saya cukup untuk menampung kebutuhan pengguna yang terbiasa dengan berbagai aplikasi media sosial, photo editor, serta beberapa aplikasi tambahan lainnya masih banyak ruang tersedia dan tidak membuat proses loading menjadi lambat. Kecepatan ini didukung oleh prosesor chip MediaTek MT6762, CPU delapan inti yang berjalan di kecepatan 2,0 Ghz.

Keamanan

Faktor keamanan sangat penting, agar tak sembarang orang dapat membuka dan melihat gadget kita. Salah satu keunggulan K9 adalah adanya dua opsi untuk membuka kunci. Pertama membuka kunci dengan satu jari dalam 0,27 detik atau dengan cara melihat layar dalam 0,93 detik.

Baterai

Sungguh tak nyaman jika saat kita perlukan smartphone harus berkali-kali di-charge karena kapasitas baterai yang kecil. Meski bisa menggunakan power bank tapi tentu akan mengurangi kenyamanan. Membawa smartphone yang dicolok ke power bank itu ribet dan tidak praktis, terutama jika harus dibawa kemana-mana.

Saat menyaksikan film kesukaan atau sedang merekam moment penting lebih mudah jika hanya memegang smartphone saja tanpa embel-embel lainnya. Kelebihan Lenovo K9 ini pun tak kalah penting, dengan baterai berkapasitas 3000 mAh yang tahan lama memang dirancang bagi pengguna untuk lebih lama menonton video ataupun bermain game.


Mengapa Lenovo?

Peluncuran Lenovo K9



Lenovo ahli dalam pengembangan, pembuatan dan penjualan produk-produk teknis berkualitas tinggi seperti server, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa pendukung lainnya.






Dengan mengangkat #CLBK atau #CintaLenovoBersemiKembali sebagai pernyataan penegas, Lenovo K9 diharapkan mampu merangkul konsumen setia Lenovo smartphone untuk kembali mencintai Lenovo sebagai produsen smartphone terdepan di dunia, khususnya dalam memberikan inovasi-inovasi terbaik melalui teknologi yang berbeda.

Kabar Gembira dari Lenovo

Lenovo K9
Ada kabar gembira bagi pengguna smartphone yang ingin memiliki Lenovo K9 dengan harga yang makin murah. Yups, Bekerjasama secara eksklusif dengan portal belanja Shopee Indonesia, Lenovo K9 smartphone ditawarkan pada konsumen melalui program Voucher Flash Sale pada tanggal 2 dan 4 Oktober 2018, sebanyak 500 buah voucher seharga Rp. 50.000,- bernilai Rp. 200.000,- sebagai potongan khusus pembelian Lenovo K9. 

Sedangkan Flash Sale Lenovo K9 di Shopee Indonesia akan berlangsung pada tanggal 11, 16 dan 23 Oktober 2018, dengan penawaran harga khusus.


Serunya lagi, Flash Sale di Shopee harga Lenovo K9 hanya Rp1.799.000. Jangan sampai ketinggalan untuk memiliki smartphone dengan fitur selengkap K9.

Pilih smartphone yang sesuai kebutuhan kita dengan fitur canggih kekinian dan tentu saja harganya terjangkau.


Salam,

Eka Murti



Kental Manis Hanya Penambah Makanan, Bukan Susu

Kental Manis Hanya Penambah Makanan, Bukan Susu 

SKM Bukan Susu
Mengawal Kebijakan BPOM Demi Mewujudkan Konsumen Cerdas
#BloggerBicara

Susu kental Manis (SKM) yang selama ini kita kenal dikonsumsi sebagaimana mengkonsumsi susu ternyata bukan susu. Komposisinya mengandung gula sebesar 40-50%, sehingga jelas bahwa SMK bukan susu, namun berfungsi sebagai penambah makanan. Dan cara mengkonsumsi dengan menyeduh dalam segelas air seperti susu adalah salah kaprah. Pemakaian yang benar adalah sebagai topping pada makanan. Maka saat ini nama produk SKM telah berubah menjadi Kental Manis.

Selama ini saya pun tersesat, menikmati segelas SKM coklat yang dingin dengan meneguknya secara langsung. Padahal seharusnya tidak begitu cara penyajiannya. Lagipula itu adalah asupan gula dalam jumlah besar yang masuk ke dalam tubuh secara langsung dalam suatu waktu. Memang nikmat dilidah, namun efeknya pada tubuh ternyata sungguh tidak baik

Iklan yang Menyesatkan

SKM Bukan Susu. Para pembicara didampingi oleh kang Maman sebagai moderator

Selama ini iklan produk SKM yang banyak berdar baik dalam bentuk iklan televisi, media cetak hingga pada label produk telah menyesatkan konsumen. Hal ini disimpulkan dari hasil pertemuan Forum Blogger Kesehatan Mengawal kebijakan BPOM Tentang Susu Kental dan analognya dalam mewujudkan konsumen cerdas, di Jakarta 8 Oktober 2018.

  1. Pratiwi Febry – Pengacara Publik LBH Jakarta
  2. Eni Saeni S.I.Kom.., M.I.Kom, peneliti
  3. Dr. Eni Gustina , MPH, Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan
  4. Maman Suherman sebagai moderator

Mengapa menyesatkan? Karena dalam iklan atau pariwara tersebut terdapat pelanggaran-pelanggaran etika pariwara, dan sekarang setelah keluarnya surat edaran BPOM perihal pariwara SKM maka segala jenis iklan yang menyesatkan tersebut harus ditarik dalam waktu enam bulan sejak terbitnya SE tersebut. Namun dalam hal ini BPOM masih belum bertindak tegas perihal jenis produk SKM bukan susu, meskipun dalam kemasan telah diganti menjadi Kental Manis saja, namun masih ada Perka BPOM yang belum diganti sehingga menjadikan SKM masih menjadi persoalan dalam wilayah abu-abu. Untuk itulah harus terus diperjuangkan kejelasan statusnya.

Undang-undang perlindungan konsumen

Perka BPOM terkait SKM



Hal-hal yang menyesatkan antara lain:
  • Konsumen terkecoh tentang manfaat SKM
  • Iklan: SKM disamakan dengan susu
  • Iklan menyesatkan, sebutkan SKM menyehatkan dan mencerdaskan anak
  • SKM bukan susu, hanya untuk tambahan makanan/minuman
  • Kandungan gula 40-50 %
  • Konsumsi jangka waktu lama dapat meningkatkan resiko obesitas dan diabetes pada anak 

Adapun pariwara yang menyesatkan adalah adanya visualisasi dari produk SKM yang dikonsumsi dalam bentuk cairan dalam gelas bukan hanya sebagai topping pada makanan atau minuman. 

Poin Larangan Iklan & Label pada produk Kental Manis

Surat edaran BPOM


Bahkan dalam beberapa iklan disebutkan dengan mengkonsumsi SKM dalam gelas yang telah diseduh air hingga menyerupai produk susu yang dapat memberikan manfaat gizi serupa susu, dan dapat menambah kecerdasan anak. Hal ini jelas menyesatkan, karena sekali lagi SKM bukan susu, dan kandungan tertingginya adalah gula.

SKM Bukan untuk Bayi 


SE BPOM dan kebijakan Kemenkes


Karena telah jelas bahwa SKM bukan susu maka SKM tak boleh dikonsumsi oleh bayi. SKM bukan penambah nutrisi atau pengganti ASI bagi bayi. JIka terus menerus mengkonsumsi gula yang terkandung dalam SKM dan tidak ada penambahan gizi lain maka pertumbuhan bayi dapat terganggu.

Penting untuk membangun kesadaran para ibu untuk tidak memberikan SKM pada bayi sebagai pengganti ASI dan menggapnya sebagai susu, apalagi dengan mengharapkan akan mendapat nutrisi dan gizi bagi bayinya.


Paradigma yang salah dan telah mengakar di masyarakat ini harus segera diubah agar di masa datang tidak ada masalah dengan anak-anak yang mengalami masalah gangguan pertumbuhan dan kesehatan. 

Menjadi Konsumen Cerdas

Sesuai dengan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang dicanangkan pemerintah melalui Kemenkes dan tertuang dalam inpres, maka dalam pola makan seimbang untuk mencegah penyakit tidak menular maka harus mengurangi kandungan GULA, GARAM,LEMAK. Sementara dalam SKM atau sekarang menjadi Kental Manis memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Maka jelas bahwa SKM sama sekali tidak sesuai dengan pola hidup sehat yang dianjurkan pemerintah.

Untuk itu perlu dibangun kesadaran konsumen dalam memilih produk makanan dan minuman. Perhatikan label produk serta kandungan nutrisinya. Tak lupa juga harus memperhatikan cara penggunaan atau cara konsumsi agar setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh adalah yang terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk selalu sehat.

Takaran dalam sekali penyajian pun harus menjadi perhatian agar tidak berlebihan karena akan mempengaruhi kondisi fisik tubuh dalam jangka waktu yang lama. Memang pengaruhnya tidak nampak seketika. Seperti misalnya efek terlalu banyak konsumsi gula yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes maupun obesitas.

Saat ini dalam Germas telah diatur pula pola makan seimbang dengan takaran saji yang sesuai kebutuhan tubuh.

Pedoman Gizi seimbang


Takaran konsumsi gizi seimang


Mengubah Paradigma Melalui Sosialisasi Kental Manis

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan Insan Indonesia yang Sehat


Mengubah paradigma telah dimulai dengan melarang iklan yang memvisualisasikan SKM seolah-olah sebagai susu. Namun sesuai hasil penelurusan di sosial media perihal pariwara SKM masih ada beberapa yang melanggar. Baik itu memunculkan anak-anak sebagai bintang iklan, munculnya produk SKM dalam gelas yang dikonsumsi seperti susu serta pada label masih terdapat gambar orang dengan gelas susu ditangannya. Hal ini jelas merupakan pelanggaran. Masih ada waktu sekitar dua bulan dalam jangka waktu enam bulan yang diberikan oleh BPOM terkait iklan kental manis ini. Mari kita tunggu bersama apa yang akan dilakukan oleh BPOM dan juga instansi terkait selanjutnya.

Namun, sebagai konsumen sudah menjadi kewajiban kita untuk mulai sadar tentang apa yang kita beli dan konsumsi. Mulai dari diri sendiri, lingkungan terkecil kemudian akan meluas ke masyarakat.

Pemerintah diharapkan dapat memberi kepastian hukum dalam melindungi masyarakat sebagai konsumen. Semoga masyarakat Indonesia bisa menjadi konsumen cerdas, yang paham apa kewajiban dan haknya. Ingat, Kental Manis hanya pemanis, bukan susu. .



Salam


Eka Murti


Sayangi Jantung Sejak Muda dengan Hidup Cerdik




Sayangi Jantung Sejak Muda dengan Hidup Cerdik

Anatomi Jantung

Jantung sehat adalah sumber kehidupan. Mendapat berita kematian mendatangkan perasaan berduka. Terlebih jika kita mengenal orang itu secara dekat. Seperti berita tentang meninggalnya seorang teman di usia muda karena serangan jantung. Usianya masih muda namun sudah menderita jantung koroner.


My Heart your Heart

Penyakit jantung koroner merupakan pembunuh utama dari golongan penyakit tidak menular selain stroke. Fakta mengejutkan lainnya adalah penyakit jantung koroner sudah mulai menyerang orang muda usia. Sample Registration System (SSR) Indonesia tahun 2014 menunjukkan penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian tertinggi kedua setelah stroke, yaitu sebesar 12.9% dari seluruh penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Hal ini selaras dengan data dari badan kesehatan dunia WHO tahun 2015 yang menyatakan bahwa dari seluruh penyebab kematian tidak menular 45% disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.

Mengapa demikian? Menurut data Riskesdas, faktor risiko perilaku utama  yang menjadi tantangan dalam upaya pengendalian penyakit tidak menular di Indonesia adalah:
  • 93.5% penduduk usia >10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur
  • 36.3% penduduk usia >15 tahun merokok
  • 26.1% penduduk kurang aktivitas fisik
  • 4.6% penduduk usia >10 tahun mengkonsumsi minuman beralkohol.


Faktor risiko tersebut merupakan penyebab terjadinya penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes militus dan dislipidemia yang merupakan pintu masuk terjadinya penyakit jantung koroner.

Tanda & Gejala Penyakit Jantung Koroner


Orang muda sekarang telah memilki berbagai faktor risiko tersebut akibat pola hidup yang tidak sehat Penyakit jantung koroner seringkali tidak terdeteksi akibat penderita yang tidak secara rutin memeriksakan kesehatannya di fasilitas kesehatan. Hingga pada suatu titik tubuh tak lagi sanggup menahannya hingga terjadilah serangan jantung.

Dan yang harus diperhatikan adalah penyakit jantung koroner merupakan penyakit dengan multi risiko. Jadi meski secara fisik aktif bukan berarti akan terhindar dari PJK. Faktor-fator lain juga harus diperhatikan secara seksama, agar kita benar-benar bisa hidup dengan jantung yang berdetak sehat.



Penyakit Jantung Koroner (PJK) 

Penyakit jantung koroner

Menurut dr. Bambang dari RS Jantung harapan Kita, penyakit jantung koroner adalah gangguan akibat otot jantung kekurangan darah karena adanya penyumbatan akibat kerusakan dinding pembuluh darah.

Pembuluh darah koroner khusus bertugas men-suport jantung. Tidak selamanya alirannya bagus dapat tersumbat akibat pola hidup yang salah. Atherclerosis adalah pengerasan dinding arteri akibat arteroma (plak kekuningan) pada dinding pembuluh darah arteri. Penumpukan lemak di arterilah yang menyebabkan penyumbatan arteri jantung.

Sindroma koroner akut adalah serangan jantung yang harus segera mendapat pertolongan di pelayanan kesehatan yang memiliki fasilitas penanganannya. Hal ini terjadi akibat sumbatan pada arteri jantung pecah.

lokasi nyeri akibat penyakit jantung koroner


Risiko penyakit jantung koroner terbagi dua: risiko yang dapat dimodifikasi dan tidak dapat dimodifikasi. Untuk yang tidak dapat dimodifikasi yang harus dilakukan adalah mengontrolnya secara teratur agar tidak menjadi masalag dikemudian hari.

Faktor risiko penyakit jantung koroner
Sementara untuk faktor risiko yang dapat dimodifikasi maka kita harus mulai melakukan pencegahan dengan cara menjalani pola hidup sehat. Khusus perokok menurut dokter Bambang 64% pasien serangan jantung koroner adalah perokok.

Paradigma mengubah pola hidup sehat setelah terdiagnosa atau setelah mengalami serangan jantung harus diubah. Karena sebaiknya melakukan pola hidup sehat agar tidak sampai terkena penyakit jantung koroner.

Cerdik untuk Pencegahan

Salah satu cara menyayangi jantung adalah dengan hidup CERDIK.

Cek kesehatan secara berkala
Enyahkan asap rokok
Rajin aktivitas fisik
Diet sehat dan seimbang
Istirahat cukup
Kelola stress

Memaksakan diri untuk selalu melakukan pola hidup cerdik agar menjadi sebuah kebiasaan yang sehat tentu lebih ringan jika dibandingkan dengan harus menyandang penyakit jantung koroner selama sisa umur kita.

Penyakit jantung koroner Indonesia memiliki kecederungan untuk meningkat. Hal ini dapar dilihat dari adanya peningkatan beban biaya kesehatan setiap tahunnya melalui data dari BPJS. Artinya setiap tahun pasien yang mendatangi fasilitas kesehatan karena penyakit jantung koroner meningkat.


Departemen Kesehatan terus berupaya melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular salah satunya adalah penyakit jantung koroner dengan melakukan upaya promotif dan preventif dengan tidak mengurangi upaya kuratif dan rehabilitatif.

GERMAS, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat difokuskan pada kegiatan deteksi dini, peningkatan aktivitas fisik serta konsumsi buah dan sayur, sesuai dengan inpres nomor 1 tahun 2017.

  • Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang sejalan dengan  agenda ke-5 Nawacita, yaitu meningkatkan kualitas hidup sehat manusia Indonesia yang dimulai dari keluarga.
  • Meningkatkan gaya hidup sehat dengan perilaku CERDIK
  • Melakukan pola hidup PATUH bagi penyandang penyakit tidak menular.

PATUH untuk kualitas Hidup Lebih Baik

Jika telah terkena penyakit jantung koroner maka penderita akan menyandangnya seumur hidup. Penyakit tidak menular tidak bisa disembuhkan namun bisa dikontrol agar hidup lebih berkualitas. Namun sebelum terdiagnosa penyakit jantung koroner ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan dengan mengurangi perilaku yang berisiko.

Melalukan pola hidup PATUH untuk mengontrol penyakit tidak menular yang sudah telanjur kita sandang agar kehidupan kita lebih berkualitas.

Periksa kesehatan secara rutin
Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat
Tetap aktivitas fisik dengan aman
Upayakan diet sehat dan gizi seimbang
Hindari asap rokok, minuman beralkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Mengikuti himbauan dari kementrian kesehatan untuk membiasakan pola hidup sehat agar panjang umur merupakan jalan terbaik bagi kita. Karena melakukan perubahan pola hidup adalah sebauah janji sederhana untuk kesehatan jantung.

Seperti yang diungkapkan dr Cut Putri dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan RI, sesayang-sayangnya sama jantung jangan sampai bertunangan. Iya, yang diberi cincin kekasih hati saja, jangan jantungnya.

Yuk, mumpung di tahun ini tema peringatan hari jantung sedunia adalah “My Heart, Your Heart” kita sayangi jantung sejak sekarang. Berubah demi kesayangan adalah perubahan yang membahagiakan, Sayangi jantung sejak muda dengan komitmet hidup sehat.
Salam,

Eka Murti




Konser K-Pop yang Bikin Deg-degan


Konser K-Pop yang Bikin Deg-degan

Waktu tahu ILOTTE akan mengadakan K-Pop Concert di Kota Kasablanka saya langsung deg-degan. Selain lokasinya dekat dari rumah yang bikin deg-degan adalah, gimana coba nanti rasanya lihat langsung selebriti Korea tampil di depan mata. Selama ini kan hanya melihat di layar kaca saja sudah terpesona banget. Lagipula, lihat yang cakep-cakep dan manis itu lebih menyenangkan daripada menonton ribut-ribut politik di medsos yang cuma bikin sakit mata dan mengganggu ketentraman jiwa.

K-Pop Content Expo

K-Pop Consert


K-Pop Consert

Grup band dari korea yang akan datang ke Jakarta dan memeriahkan acara K-pop Concert adalah HIGHLIGHT, LOVELYZ, LYN, KARD dan SNUPER. Mereka tuh ya, kece banget. Mendingan lihat langsung deh daripada penasaran tiada akhir. Belum tahu siapa mereka? Aiiih, nggak kekinian banget sih kamu. Tanya dong sama mbah gugel biar nggak kuper.


K-Pop Consert

Untuk menghadiri exhibition dan konsernya gratis ya, tidak ada biaya apapun. Tetapi untuk melihat konsernya harus punya tiket, iyalah supaya tertib. Kan nggak lucu kalau pada rebutan masuk dan jadi rusuh. Nantinya setiap penonton akan mendapat gelang penanda untuk bisa masuk ke dalam Kasablanka Hall saat konser berlangsung di tanggal 6 Oktober 2018.

Nah, Ilotte bagi-bagi tiket gratis juga lewat akun instagramnya. Caranya ada di sini  bit.ly/ilotte_kpopconcert .


Ada Apa sih di K-Contet Expo?

Selain K-Pop concert juga ada event K-Content Expo yang akan digelar pada tanggal 4 Oktober di lokasi yang sama. Isinya macam-macam nih, seperti Broadcasting game, animasi, dan lain-lain. Bahkan ada K-beauty make up class juga lho. Nah ini penting untuk saya, karena dari zaman dahulu kala sampai sekarang selalu gagal kalau coba make up ala Korea. Entah salahnya dimana, makanya harus banget deh datang ke Ilotte beauty booth, supaya dapat pencerahan.

Sudah bertahun-tahun masih gagal juga bikin Korean Look :D

Ketemu sama Park Ki Seok, siapa mau? 

Berhubung sampai sekarang mimpi mengunjungi Korea secara langsung belum kesampaian dan hanya mengumpulkan sedikit pernik-perniknya, ya sudah mumpung ada rombongan selebriti Korea yang cakep-cakep itu datang ke Jakarta memperkenalkan budaya pop mereka langsung saja bersemangat datang. Kesempatan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapat informasi lebih banyak tentang Korea. Kalau tiba-tiba diajak sese”oppa” kesana kan sudah siap, tho.

Magnet kulkas imut yang lucu ini oleh-oleh dari Korea

Magnet-magnet ini didapat dari booth delegasi Korea di sebuah expo

Semoga berhasil dapat tiket konsernya. Supaya tuntas rasa penasaran saya. Biasanya kalau penasaran nanti gentayangan. Ih, serem. Eh, tapi boleh banget lho gentayangan di arena Korean Festival 2018 sambil lihat-lihat segala yang kece dari Korea. Jangan lupa mampir ke booth Ilotte yang cetar itu ya. Dijamin nggak bakalan rugi datang kesana.

Kalau nanti tiba-tiba ada yang bertanya, “Kok emak-emak mau nonton konser K-Pop juga sih? Saingan dong sama Abege?”. Ditanya begitu saya jadi sensi gitu? Jadi bête? Dih, nggaklah. Saya akan jawab dengan tenang, “Apa hak anda bertanya seperti itu kepada saya?”. Hahahahaha… Tak usah sensi teman, mendingan datang saja biar happy. Informasinya bisa tengok ini   http://bit.ly/ilotte_koreanfestival. Sampai ketemu disana.


Salam,


Eka Murti

TPK KOJA RIWAYATMU KINI


TPK KOJA RIWAYATMU KINI


Sumber:  TPK Koja

TPK Koja atau Terminal Peti Kemas Koja berlokasi tak jauh dari terminal petikemas JICT. Apa yang terjadi pada TPK Koja pun tak bisa lepas dari proses privatisasi JICT (Jakarta International Container  Terminal). TPK Koja merupakan kerja sama operasi yang berbentuk badan usaha dan beroperasi sejak tahun 1998 antara PT. Pelindo II dengan PT Ocean Terminal Petikemas yang kemudian dialihkan ke Hutchison Ports Indonesia. Pelindo II merupakan pemilik 52% saham. Sementara 48% saham dimiliki oleh PT. HPI (Hutchison Port Indonesia) yang sekaligus pemilik 51% saham JICT.


Latar Belakang KSO TPK Koja

Bentuk penyertaan modal PT HPI dalam KSO Koja adalah asset suprastruktur yang berada di atas asset infrastruktur milik Pelindo II. Namun sejak pengambilalihan dari Humpus Terminal Petikemas pada tahun 2000, HPI belum pernah melakukan investasi maupun peremajaan terhadap asset yang mereka miliki.

Pencairan dana sebesar 30 juta USD dari Escrow account hasil penyisihan amortisasi selama ini yang seharusnya terealisasi dalam bentuk investasi belum pernah terwujud.
Padahal sebagian equipment telah habis masa bukunya sehingga harus segera dilakukan penggantian. Akibatnya TPK Koja beroperasi dengan kondisi sangat minim berbeda jauh dengan JICT yang justru kian maju pesat.

Mengenal JICT (Jakarta International Container  Terminal) lebih jauh, bisa melihat artikel berikut:


Keterpurukan TPK Koja


Akhir tahun 2007 TPK Koja menjadi satu-satunya terminal petikemas modern yang sempat tidak mendapat sertifikat ISPS Code dari USCoast Guard.

Rencana awal adalah lahan TPK Koja seluas 90 Ha. Namun yang terjadi justru sebaliknya lahan makin menyempit hanya tersisa 30.6 Ha saja. Mengapa demikian? Lahan yang ada digunakan untuk perluasan JICT. Kemudian disewa-sewakan kepada pihak ke tiga.  Keterbatasan lahan ini menyebabkan TPK Koja tidak memiliki lokasi pemeriksaan hadle sendiri sesuai prasyarat bea cukai. Jalan utama banjir, darmaga anjlok serta gedung kantor semi permanen yang tak layak huni merupakan beberapa alasan tak keluarnya sertifikat tersebut.

Kinerja manajemen pun lemah terkait fakta dari 21 RTG yang dimilki hanya 16 yang efektif beroperasi. Satu buah rusak akibat kecelakan, meski kalim asuransi telah keluar namun dananya entah kemana. Dua lainnya break down sejak tahun 2004 karena tak jelasnya pengadaan spare part maka terjadi sistem kanibalisme.

Sumber. TPK Koja

Terminal yang mengandalkan peralatan dalam berbisnis, jika sarana dan prasarana tak mendukung maka secara perlahan bisnis akan hancur. Selain itu juga terjadi masalah dalam hubungan industrial dengan pekerja.Demonstrasi yang melibatkan seluruh karyawan pada Desember 2006 disusul mogok kerja pada Januari 2007.

Dengan berbagai masalah maka nampak jelas TPK Koja tidak dikelola dengan baik seusai standar Good Corporate Governance.

Monopoli di TPK Koja

Secara kasat mata pada tahun 2005 telah terjadi penyambungan darmaga sepanjangn 650m (bertambah 112m) maupun kerjasama peminjaman QCC dan transshipment. Namun sesungguhnya semua itu dalam kerangka memuluskan agenda Hutchison Whampoa dengan cara menyatukan darmaga JICT dengan Koja.

Kerja sama operasional dipertahankan selama 20 tahun hingga tahun 2018 ini. Ini merupakan kesengajaan dengan menyatakan TPK Koja sebagai Jakarta Container Port (JCP) hingga dunia internasional tak mengenal TPK Koja.

Sehubungan peran TPJ Koja yang awalnya ditujukan untuk menjadi competitor bagi JICT semakin lemah maka nasib karyawan pun semakin tak jelas. International Transport Worker (ITF) sudah “meneriaki” serikat pekerja untuk berhati-hati terhadap pemain global semisal Hucthison.

Sejak semula TPK Koja berperan sebagai competitor untuk mencegah monopoli di Tanjung Priok. Kekhawatiran itu muncul karena pembelian 51 % saham JICT oleh Grosbeak Pte. Ltd (anak perusahaan HPH). Namun ternyata satu tahun kemudian, 48% saham TPK Koja milik Humpuss dialihkan kepada Ocean East dan Ocean Deep yang belakangan diketahui public sebagai anak perusahaan Hucthison Whimpoa juga.
Monopoli benar- benar terjadi, telah terbukti dan dibenarkan dengan keputusan KPPU dan Mahkamah Agung RI. Monopoli tersebut telah membuat TPK Koja terpuruk secara sistematis demi keuntungan pribadi.


Sumber: TPK Koja

Sudah waktunya kita menyadari kondisi di gerbang ekonomi Indonesia, khususnya terminal-terminal peti kemas di Tanjung Priok agar jangan sampai keuntungan bisnis dari sana justru dinikmati negara lain dan bukan demi kesejahteraan bangsa Indonesia.

salam

Eka Murti